China dan Taiwan Memanas

Taiwan Pamer Jet Tempur F-16V Tercanggihnya Setelah Latihan Militer China

Menyusul ketegangan dengan China, Taiwan pamerkan jet tempur paling canggihnya, F-16V yang dilengkapi rudal dalam latihan malam.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Taiwan Pamer Jet Tempur F-16V Tercanggihnya Setelah Latihan Militer China
AFP/SAM YEH
Pesawat tempur F-16V bersenjata buatan AS mendarat di landasan pacu di pangkalan angkatan udara di Chiayi, Taiwan selatan. Rabu (5/1/2022). Sejumlah pilot pesawat tempur F-16V berlatih kesiapsiagaan menghadapi serangan dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China. - Menyusul ketegangan dengan China, Taiwan pamerkan jet tempur paling canggihnya, F-16V yang dilengkapi rudal dalam latihan malam. (Sam Yeh / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Taiwan memamerkan jet tempur canggih miliknya, F-16V yang dilengkapi rudal, pada Rabu (17/8/2022) setelah latihan militer China di sekitar wilayahnya.

Diketahui, China menggelar latihan militer udara dan laut di Selat Taiwan sebagai respons atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi awal bulan ini.

Dilansir Straits Times, Taipei pun menggelar latihan militer serupa sebagai simulasi pertahanan atas kemungkinan invasi China. 

Pada Rabu kemarin, personel Angkatan Udara memuat sebuah pesawat tempur F-16V dengan rudal anti-kapal buatan AS dalam latihan "kesiapan tempur" di sebuah pangkalan udara di wilayah Hualien timur.

Enam F-16V kemudian lepas landas untuk misi pengintaian dan pelatihan malam, termasuk dua yang dipersenjatai dengan rudal, menurut Angkatan Udara Taiwan.

"Dalam menghadapi ancaman dari latihan militer pasukan komunis China baru-baru ini, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep 'medan perang di mana-mana dan berlatih kapan saja' untuk memastikan keamanan nasional," kata Angkatan Udara Taiwan dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan, Sun Li-fang mengatakan situasi saat ini merupakan kesempatan bagi Taiwan mengasah keterampilan pasukan.

"Kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji semua pelatihan yang biasa kami lakukan, dan melalui ini meningkatkan metode kami saat ini dan meningkatkan efektivitas tempur kami," katanya, lapor Al Jazeera

Mengutip Airforce Technology, F-16V atau Viper adalah varian terbaru dari pesawat tempur generasi keempat F-16 Fighting Falcon multi-peran yang diproduksi oleh Lockheed Martin.

Jet tempur ini dapat dikerahkan dalam misi penindasan pertahanan udara musuh (SEAD), pertempuran udara-ke-darat dan udara-ke-udara serta misi larangan dan larangan maritim.

Wiki Populer

© 2022 Viral Sekilas Update,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas