Konflik Rusia Vs Ukraina

Zelensky Desak Presiden China Untuk Bantu Akhiri Invasi Rusia di Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Presiden China Xi Jinping untuk membantu mengakhiri invasi Rusia di Ukraina.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
Zelensky Desak Presiden China Untuk Bantu Akhiri Invasi Rusia di Ukraina
Sergei SUPINSKY / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Presiden China Xi Jinping untuk membantu mengakhiri invasi Rusia di Ukraina. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, KYIV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Presiden China Xi Jinping untuk membantu mengakhiri invasi Rusia di Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan South China Morning Post (SCMP) pada hari Kamis (4/8), Volodymyr Zelensky mengatakan sangat ingin berbicara langsung dengan Xi Jinping, tetapi hal itu masih belum dapat dilakukan hingga saat ini.

“Saya ingin berbicara langsung. Saya melakukan satu percakapan dengan Presiden Xi Jinping itu setahun yang lalu.”katanya.

“Sejak awal agresi skala besar pada 24 Februari, kami telah meminta secara resmi untuk melakukan percakapan, tetapi kami belum melakukan percakapan apa pun dengan China meskipun saya yakin itu akan membantu.” imbuhnya.

Dilansir dari Aljazeera, Jumat (5/8/2022) China yang merupakan sekutu dekat Moskow, hingga saat ini belum memberikan sanksi apapun terhadap Rusia terkait dengan invasi yang dilakukan ke Ukraina.

Sebelumnya, Xi Jinping telah menyatakan keprihatinan atas konflik di Ukraina selama pertemuan puncak pada bulan Juni, dengan mengatakan bahwa itu “membunyikan alarm bagi umat manusia”. Namun, dia tidak memberikan indikasi bagaimana mengakhiri pertempuran.

Di awal bulan ini, Xi Jinping juga telah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menegaskan kembali dukungan China atas kedaulatan dan keamanan Rusia.

Saat itu, Xi Jinping mengatakan, “semua pihak harus mendorong penyelesaian krisis Ukraina dengan cara yang bertanggung jawab”

Di sisi lain, Zelensky memahami bahwa China ingin mempertahankan sikap "seimbang" terhadap perang, tetapi menekankan bahwa konflik dimulai dengan apa yang dia sebut invasi tanpa alasan Rusia ke wilayah kedaulatan Ukraina.

Halaman
12
Berita Terkait Konflik Rusia Vs Ukraina
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2022 Viral Sekilas Update,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas